Kuliner, Travelling , Tips & Trick

Resep Membuat Es Pisang Hijau


Sangat enak di pandang mata , ya es pisang ijo . es ini emang nikmat apabila di menikmati di cuaca panas, pada cuaca panas tentu saja kamu melacak minuman yang segar dan dingin. Cuaca panas memang memicu kamu mengidamkan menyantap minuman yang segar dan dingin. Anda tidak wajib bersusah payah melacak es pisang ijo di lebih kurang kamu . sebab es pisang ijo sangatlah ringan untuk dibuat. 

Es pisang ijo memang banyak di temui di makasar. Jarang sekali tersedia di tempat luar makasar. Mungkin bagi peminat es pisang ijo , sukar untuk mencari kebugaran yakni es pisang ijo yang nikmat . alangka baiknya jika kamu mengakibatkan sendiri es pisang ijo , kamu terhitung mampu berjualan es pisang ijo bersama dengan kendaraan toyota yang cocok untuk berjualan. Banyak kreasi berjualan bersama dengan mobil toyota. 

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat es pisang ijo :

Bahan-bahan
100 ml air putih
400-450 ml santan sedang
30 gram tepung beras
50 gram gula pasir
½ sendok makan garam halus
4-5 buang pisang raja yang telah dikukus
11 lembar daun suji
10 lembar daun pandan
beberapa lembar daun pisang
minyak goreng sebagai olesan
sirup manis warna merah (cocopandan)
es batu secukupnya

Bahan-bahan Saus
1 liter santan cair
60 gram tepung beras
100 gram gula pasir
½ sdt garam
1 lembar daun pandan yang dipotong-potong

Cara membuat es pisang ijo asli Makasar
1. Haluskan daun suji dan daun pandan dengan cara ditumbuk sampai  benar benar halus. dan Tuangkan sedikit airnya dan diperas untuk mengambil pewarna dari daun pandan.

2. Masukkan juga santan gula tepung beras, garam ke dalam air dengan pewarna hijau alami.

3. Campuran bahan tersebut dimasak di atas api kecil sesekali di aduk hingga mengental dan matang

4. Cara membuat pisang ijo selanjutnya adalah ambil beberapa sendok adonan yang telah dingin diatas daun pisang yang telah diolesi minyak. Adonan diratakan untuk meletakkan satu buah utuh pisang raja. Kemudian dilapisi dengan adonan warna hijau tadi. Selanjutnya digulih seperti lontong dan dikukus hingga adonan di dalam bungkusan menjadi matang

5. Tahap membuat saus es pisang ijo adalah dengan mencampurkan semua bahan saus dan diaduk hingga rata

6. Masak diatas api kecil sambil di aduk-aduk hingga mengental. Setelah matang angkat dan di dinginkan

7. Bagian pisang ijo tersebut dipotong dengan posisi sedikit serong menjadi beberapa potongan, tuang beberapa sendok saus ke dalam piring. Letakkan potongan pisang ijo nya diatas saus tersebut. Tuang saus dan sirup cocopandan sesuai selera. Disaat cuaca sedang panas anda bisa menambahkannya dengan es batu

8. Olahan es pisang ijo asli Makassar siap di hidangkan.
Dah itulah resep es pisang ijo. Gimana mudah kan ? , es pisang ijo selanjutnya mampu kamu membuat menjadi lebih khusus jika di variasikan. Keuntungan mengakibatkan sendiri sangatlah banyak , kamu tidak wajib susah payah membeli es pisang ijo yang lezat dan kamu mampu berjualan di tempat kamu sendiri , jika kamu ingin berjualan sebaiknya kamu membuat es pisang ijo simpel dulu, jika kamu udah menguasai basic pembuatan es pisang ijo , kamu mampu mengakibatkan sedikit variasi dan mampu mengakibatkan pelanggan kamu tertarik membelinya , Ok kelanjutannya dah selesai, dari saya terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar