Kuliner, Travelling , Tips & Trick

Asinan Bogor


Bogor merupakan kota yang terkenal, bukan hanya wisatanya bakal tetapi kuliner bogor yang khas menyebabkan wisata pergi untuk ke kota bogor.Ketika singgah ke kota bogor, setelah letih berwisata alam, berwisata kuliner ketempat-tempat yang bagus di Bogor maka kurang lengkap jika tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat di rumah.Jika anda ingin ke Bogor besama keluarga anda bisa memakai kendaraan toyota all new Kijang Bogor mempunyai sumber daya alam yang melimpah karena letaknya yang dikelilingi pegunungan dan berada di dataran tinggi maka tak heran biasanya oleh-oleh yang dibawa dari bogor biasanya berupa olahan makanan dari sumber daya alam yang ada di bogor seperti buah-buahan atau sayur-sayuran yang diubah menjadi makanan yang sangat lezat. Berikut ini adalah 10 oleh-oleh makanan wajib jika berkunjung dari kota Bogor.

Asinan Bogor 
Tempat wisata kuliner sekaligus oleh-oleh di bogor yang pertama adalah asinan Bogor. Asinan adalah proses pengawetan makanan dengan cara merendam buah atau sayur yang akan dijadikan asinan dengan larutan air dan garam atau gula. Lalu asinan akan disajikan dengan kuah berasa asam manis pedas yang sangat lezat dan menggoda. Lihat artikel menarik sejarah asinan untuk pengetahuan anda dan resep asinan yang bisa anda coba di rumah.  Dalam Alamat :Jalan Siliwangi No. 27C, Sukasari, Bogor harga mulai dari 20 ribu - 25 ribu.

Pembuatannya juga cukup simple dan mudah untuk dipraktekkan dirumah Anda. Resep cara membuat asinan bogor yang terdiri dari berbagai buah buahan seperti kedondong, mangga mengkal,bengkuang, papaya mengkal dan juga jambu air merah. Jangan lupa Anda juga mencob resep asinan lainnya seperti resep cara membuat asinan. 

Bahan :
150 gram nanas potong potong
25 gram kacang tanah goring untuk bahan taburan
2 buah kedondong, potong potong
150 gram mangga mengkal potong potong
100 gram bengkuang potong potong
100 gram papaya mengkal potong potong
100 gram jambu air merah potong potong
Bahan kuah asinan bogor :
1 sendok the ebi, seduh kemudian sangrai
1 sendok the garam
1 liter air
150 gram gula pasir
5 1/2 sendok the cuka
5 buah cabai merah keriting buang bijinya

Cara membuat asinan bogor yang terkenal :

1. Yang dilakukan pertama kali adalah meremas remas papaya mengkal dengan satu sendok the garam. Biarkan sebentar kemudian cuci papaya mengkal hingga bersih.

2. Remas remas mangga mengkal dengan garam lalu rendam dengan air gula yang encer semalaman. Keesokan harinya bersihkan dan tiriskan mangga mengkal.

3. Remas remas buah kedondong dengan garam lalu rendam dengan air gula yang encer semalaman. Keesokan harinya bersihkan dan tiriskan kedondong.

4. Membuat kuah asinan bogor : kita haluskan cabai merah keriting, garam, gula pasir dan juga ebi. Tuang air dan masak hingga mendidih. Angkat kemudian tambahkan cuka dan aduk hingga rata. Kemudian dinginkan.

5. Terakhir masukkan buah buahan dalam kuah asinan bogor dan diamkan dalam kulkas (lemari es) selama dua jam. 

6. Saat penyajian asinan bogor, beri taburan kacang tanah goring diatasnya.Asinan bogor ini menjadi 6 porsi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar