Kuliner, Travelling , Tips & Trick

Pulau Sempu Malang


Pulau Sempu adalah sebuah pulau mungil yang terletak pada sebelah selatan Pulau Jawa secara administratif berada pada Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini artinya cagar alam yg pada kelola sang Balai konservasi sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan  Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Secara geografis, Pulau Sempu terletak pada antara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan  8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas kurang lebih 877 hektare, berbatasan menggunakan Selat Sempu (Sendang Biru) dan  dikepung samudera  Indonesia di sisi selatan, Timur dan  Barat.

Pulau Sempu memiliki aneka macam jenis ekosistem mulai berasal hutan pantai, hutan bakau, dan  hutan tropis dataran rendah yg mendominasi semua pulau. Vegetasi yg ditemukan di Pulau Sempu diantaranya artinya bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru bahari (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan  Rhizophora apiculata), serta banyak lagi. Menariknya, nama Sempu dikatakan diambil berasal nama galat satu jenis pohon yang ditemukan di pulau itu, namun pohon tersebut hampir sulit ditemukan waktu ini.

Sebagai cagar alam, Pulau Sempu terlarang dikunjungi buat tujuan wisata . Tetapi kenyataannya, Pulau Sempu masih saja diperbolehkan buat kegiatan wisata sang pihak pengelola yg tentunya bertolak belakang dengan status Pulau Sempu.

Kalau selama ini Anda hanya mengenal Malang dengan wisata kuliner serta Batu, saatnya Anda berkenalan menggunakan sisi lain yg berdekatan dengan laut, Pulau Sempu.
Terletak di Pantai Sendang Biru Kabupaten Malang,  Pulau Sempu bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih dua jam asal kota Malang. Disarankan anda mengendarai mobil Toyota Rush, Selain fiturnya yang paling lengkap, konsep barunya yang bertajuk stylish urban cruiser juga menjadi kelebihannya. Hal ini semakin memperkuat penampilan all new rush di barisan mobil SUV tahun ini. Meskipun beberapa konsumen pasar masih ragu dengan harga Toyota Rush, namun kualitas dan kenyamanan yang dijanjikan sangatlah sebanding. Selesainya datang pada Pantai (kawasan Pelelangan Ikan) Sendang Biru, Anda perlu menyewa sebuah kapal buat bisa mencapai  pulau ini.

Sesudah turun asal kapal, Anda akan dihadapkan pada sebuah hutan konservasi yg menjadi titik awal Pulau Sempu. Diharapkan lebih kurang dua jam trekking pada hutan perlindungan ini untuk mencapai Segara Anakan.

Segara Anakan adalah daya tarik primer Pulau Sempu. Dengan bentuk mirip danau dengan warna hijau kebiruan yang bersih dilingkupi bukit-bukit, Segara Anakan siap membuat Anda terkagum. Sebenarnya tempat ini merupakan sebuah laguna yang terbentuk asal celah mungil yg terhubung pribadi dengan bahari lepas yaitu Samudra Hindia.

Selain mampu bermain dan  berenang menengok ke bawah laguna yang penuh dengan terumbu karang, Anda pula mampu berdiri pada tebing-tebing pada bukit-bukit tadi. Selain memandang ke laut tanggal, tebing-tebing tinggi ini juga menjadi spot berfoto yg indah.
Bila masih terdapat residu waktu, kunjungi juga spot lain mirip Teluk Semut buat pemandangan lain yg tak kalah menakjubkan.

Untuk menuju ke Pulau Sempu, anda akan menempuh perjalanan yg relatif panjang. Dari Kota Malang anda harus melanjutkan perjalanan ke Sendang Biru, lalu melakukan perjalanan kembali menggunakan perahu buat sampai ke Pulau Sempu. Buat yang nggak menggunakan tunggangan sendiri, berikut cara yang mampu diytempuh buat sampai ke Pulau Sempu memakai anfkutan awam.
1. Asal Kota Malang, silahkan mencari angkutan awam yg menuju Terminal Gadang. Tandanya ialah Angkot yg terdapat alfabet  G nya, nanti sempurna akan mengarah ke Gadang. Jika dari terminal Arjosari, biayanya adalah sekitar Rp lima.000

2. Sesudah sampai Gadang, anda akan melanjutkan perjalanan ke Turen. Anda bisa menggunakan elf, L300, carry, atau biskecil untuk menuju ke Turen. Biaya  yg diperlukan sekitar Rp 6.000

3. Setelah sampai di Turen, anda harus oper Angkutan Umum lagi buat ke arah Sendang Biru. Biaya  yang dibutuhkan umumnya lebih kurang Rp 15.000. Tetapi apabila anda rombongan, anda bisa charter kendaraan beroda empat Angkutan Umum tersebut, umumnya dikenakan biaya  antara 100.000 sampai 150.000. Nah buat kali ini tentu jurus tawar menawar wajib  dipergunakan.

4. Sehabis hingga ke loket masuk Pantai Sendang Biru, sahabat sahabat bisa pribadi melakukan pembelian tiket pada loket. Tiket masuk harganya Rp lima.000 buat masuk ke Pantai Sendang Biru, buat ke Pulau Sempu seharga Rp 20.000.

5. Setelah itu teman sahabat akan berjalan kaki ke arah pantai Sendang Biru lalu melanjutkan bepergian ke Pulau Sempu memakai perawu. Biaya  sewa perahu buat 1 bahtera sebesar Rp 100.000 buat balik  pulang dengan kapasitas aporisma 10 orang.

6. Bagi yg belum pernah ke Pulau Sempu, alangkah lebih baik buat menyewa guide agar nanti memudahkan pada saat mengeksplore Pulau Sempu, biayanya berkisar antara 50.000 sampai 100.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar