Kuliner, Travelling , Tips & Trick

Cara membuat kue donat goreng yang empuk dan lembut


Saya menganggap kue donat sudah tidak asing lagi terdengar pada telinga kita. Donat merupakan jajanan ringan yang sering kita jumpai dan terbuat dari bahan baku seperti tepung, mentega, dan gula. Cara membuat kue donat sangatlah sederhana yaitu cukup dengan menggorengnya kemudian diberikan bahan tambahan berupa taburan gula halus, meises, krim lembut, dan masih banyak lagi yang lainnya sebagai hiasan serta perasa tambahan.

Kue donat kebanyakan berbentuk bulat dan tengahnya terdapat lubang, bentuknya menyerupai cincin yang menjadi ciri khas tersendiri dari makanan ringan ini. Sekarang ini kue donat sudah banyak sekali tersedia di toko-toko roti ataupun outlet-outlet yang spesial menjajakan kue donat, dari harga yang murah sampai yang mahal. Untuk kita belanja membeli bahan bahannya pun tak membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika kita pergi berbelanja ke pasar dengan mengendarai mobil Toyota Agya. Spesifikasi Toyota Agya diprogram untuk bisa memberikan daya tampung ekstra dengan model kursi jok belakang yang bisa dilipat, sehingga bias menampung barang belanjaan anda dengan kapasitas besar. Mesin yang menjadi pusat tenaga Toyota Agya tersebut memiliki kapasitas 1.000 cc yang cukup handal untuk penggunaan di daerah perkotaan.

Kue donat terlalu digemari oleh anak-anak, dimana perihal ini dikarenakan dikarenakan kue donat dapat disediakan bersama dengan coklat, meises ataupun selai-selai lainnya yang dapat menarik kesukaan anak kecil. Buat kalian yang mendambakan coba membawa dampak kue donat sendiri liat artikel di bawah ini, dan ikuti semua beberapa langkah yang telah aku tuliskan.

Bahan-bahan membuat donat goreng:
Siapkan sekitar 200 cc air matang dalam keadaan dingin
Sediakan ½  kilogram tepung terigu
Siapkan 4 sendok makan gula pasir atau anda dapat menggunakan gula halus
Sediakan 3 sendok makan susu bubuk atau anda dapat menggunakan susu kental
Siapkan 3 sendok makan mentega
Sediakan 2 butir telur
Dan terakhir siapkan 2 sendok teh garam
Dan minyak secukupnya, jangan lupa

Bahan Khusus Pengembang Donat yaitu Sediakan 1/2 bungkus ragi instan sebanyak 11 gram. Ragi instan ini dapat mengembangkan adonan donat agar kenyal.

Cara Membentuk Bulatan Donat:
Membentuk donat bundar dan berlobang di tengahnya tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan tangan, atau bisa juga menggunkan alat. Membentuk Donat dengan jari atau tangan yaitu dengan cara Lumuri dulu tangan anda dengan terigu agar tidak lengket. Lalu ambil adonan donat segumpal kecil. Kemudian buat cincin dengan memasukkan jari  ditengahnya sembari meratakan permukaan cincinnya sampai berbentuk donat.

Kalau anda membentuk donat menggunakan alat, yaitu Alat pembentuk donat sudah banyak beredar di pasar, anda tinggal cari saja. Tapi kalau anda belum sempat, cukup dengan menggunakan mulut gelas atau kaleng susu. Sedangkan bulatan tengahnya anda gunakan tutup botol.

Membentuk Donat dengan gelas/kaleng susu dan tutup botol. Siapkan nampan besar yang datar. Taburi permukaannya dengan terigu. Lalu letakkan sedikit adonan sesuai selera anda di atasnya. Gunakan botol untuk meratakannnya. Kemudian anda tinggal membentuk bulatan dengan menekan mulut gelas/ kaleng susu diatas permukaan. Untuk membuat lingkaran atau lubang di tengah donat gunakan tutup botol. Lakukan cara tersebut hingga adonan donat habis semua.

Untuk topingnya anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti selai, gula bubuk dan lain sebagainya sesuai dengan selera. Topping beraneka macam juga termasuk cara yang bagus, karena semakin indah dan banyak variasi.

Cara Membuat Kue Donat Empuk dan Menarik:
Buat adonan dari beberapa bahan yang dijadikan satu yaitu tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, dan gula. Campurkan semua bahan tersebut kemudian diaduk hingga rata sampai halus.
Setelah adonan tercampur rata, tambahkan air dingin dan kuning telur. Lalu uleni adonan tersebut sampai kalis.
Apabila sudah kalis anda dapat mengepal adonannya, tambahkan garam dan mentega kemudian uleni kembali sampai kalis. Setelah itu diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit.
Adonan siap untuk dibentuk bulatan-bulatan kemudian diamkan selama kurang lebih 20-30 menit sampai mengembang.
Jika adonan sudah mengembang, berikan lubang pada bagian tengahnya cukup dengan menggunakan jari telunjuk. Lubangi adonan hingga berbentuk menyerupai cincin. Lakukan sesuai cara diatas yang sudah saya terangkan.
Panaskan minyak goreng dengan api ukuran sedang. Setelah panas, Goreng adonan kue donat yang sudah mengembang sampai matang, jangan lupa ketika menggoreng kecilkan api dalam posisi paling kecil. Balikan donat agar matang dan warnanya rata,  lalu tiriskan.
Tambahkan toping sesuai dengan selera.
Sajikan dengan hiasan yang cantik agar menggugah selera orang yang melihatnya.
Nah itu cara membuat donat goreng yang tidak kalah enak dengan yang ada di toko-toko yang lain, selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar