Kuliner, Travelling , Tips & Trick

Kenalan dengan Luca, Mobil Listrik Buatan Tangan Berbahan Limbah


invoasi terus dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Kali ini, inovasi yang dilakukan oleh Universitas Teknologi Eindhoven Belanda membuat produk mobil listrik yang dibuat dari tangan oleh sekelompok mahasiswa.

Dilansir dari Autoevolution, menariknya mobil listrik bernama Luca itu terbuat dari limbah, sepenuhnya. Luca adalah 'mobil limbah' serba listrik pertama.

Para mahasiswa pembuat Luca mengungkapkan bahwa manusia menghasilkan sekitar 2,1 miliar ton limbah setiap tahun. Para mahasiswa menyebut bahwa daur ulang harus menjadi sesuatu yang harus dilakukan.

Luca sudah dirilis pada awal bulan November ini. Luca dibuat dari berbagai macam limbah, baik yang didaur ulang maupun yang tidak.

Misalnya, sasisnya dibuat dari rami dan plastik daur ulang, yang mana sebagian besar diambil dari laut. Sebagian besar plastik itu adalah botol PET, yang mana tercatat bahwa wadah PET bisa didaur ulang maksimal 10 kali.

Sehingga penggunaan wadah PET itu disebut bisa membuat usia mobil cukup panjang. Sedangkan bodinya terbuat dari ABS daur ulang, yang biasa ditemukan pada produk dapur, mainan, dan televisi. Warna kuning pada bodinya juga bisa dihilangkan saat luca perlu didaur ulang juga.

Limbah Produksi Luca Dipakai Kembali

Semua jendela mobil juga terbuat dari bahan daur ulang, kecuali kaca depan. Begitu pula dengan interiornya yang terbuat dari sampah.

Dua kursi yang dibuat khusus itu memiliki bantal yang teruat dari rambut kelapa dan bulu kuda dengan kain pelapis hasil daur ulang PET. Konsol tengahnya juga dibuat dari limbah rumah tangga dan limbah produksi Luca sendiri, seperti rami dan plastik hasil tangkapan laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar