Kuliner, Travelling , Tips & Trick

4 Resep Spesial Kue Tradisional Dari Tepung Ketan


Jajanan kue tradisional memang tak kalah populer dengan jajanan modern masa kini. Aneka macam kue tradisional pun dapat dan bahkan telah sering kita temui di dalam pasar tradisional. Jajanan yang terbuat dari tepung beras, tepung ketan, hingga aci atau tepung singkong. Untuk anda para ibu rumah tangga yang gemar membuat kue sendiri dirumah bisa membuatnya dengan mudah. Bahan bahan untuk membuat kue tradisional yang berbahan dari tepung ketan ini juga dapat dengan mudah kita dapatkan di toko kue ataupun di pasar tradisional. 

Bahan kue yang terlalu banyak membuat anda khawatir untuk membawanya dan anda takut bahan tersebut bisa ruska sehingga tidak bisa digunakan untuk membuat kue ? jangan khawatir, dengan mengendarai mobil Toyota Agya anda bisa membawa barang belanjaan anda aman sampai dirumah. Dengan daya tampung ekstra dengan model kursi jok belakang yang bisa dilipat. Secara fisik, Toyota Agya memiliki ukuran tubuh 3600 x 1600 x 1520 mm dengan berat kosong mencapai 180 kg. Tak terlalu besar memang, namun karena Toyota meracik interior sedemikian rupa maka pengemudi dan penumpang pun tak akan merasa sesak saat di bagian dalam.

Kunggulan lainnya adalah Sebagai salah satu pionir di segmen LCGC, Agya memang dibekali dengan spesifikasi mesin dan kelengkapan fitur yang cukup baik. Kali ini Toyota mengandalkan mesin seri 1KR 12 yang merupakan mesin DOHC 3 silinder 12 katup. Dan masih banyak lagi keunggulan yang difasilitaskan Toyota untuk anda. Nah, sekarang kita kembali lagi pada 4 resep special kue tradisional dari tepung ketan yang akan kami ulasan pada artikel ini. Berikut beberapa resepnya : 

Kue Getas
Bahan-bahan :
300 g tepung ketan (boleh putih, boleh hitam) 
3 sendok makan tepung kanji 
200 g kelapa parut 
200 ml air biasa 
1/2 sendok teh garam 
100 g gula pasir 
80 ml air 

Langkah :
1. Di wadah yang besar masukkan tepung ketan, tepung kanji, garam, parutan kelapa lalu uleni. Setelah tercampur, masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung.
2. Panaskan minyak 500-1000 ml. Pakai panas sedang, bentuk adonan lonjong lalu masukkan satu per satu.
3. Lakukan sampai adonan habis dan hasilnya sebanyak ini.
4. Di wadah lain, tuang air 80 ml dan gula 100 g. Pakai api kecil, aduk-aduk terus sampai gula mulai kelihatan mengkilat dan berbuih.
5. Lalu masukkan bulatan, aduk terus sampai larutan gula habis berwarna putih dan menempel bagus di bulatan, matikan kompor.
6. Selagi panas cepat pindahkan di wadah plastik yang aman. Setelah dingin, siap disantap. Getas ini tidak keras meski sudah dingin. Silakan mencoba.

Klepon Pelangi
Bahan-bahan :
250 gram tepung ketan putih 
50 gram tepung beras 
Pewarna, untuk warna terserah anda 
daun pandan 
isian gula merah 
kelapa parut muda yang sudah diberi garam+daun pandan dan dikukus 
Langkah :
Tepung ketan dan garam, beri air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis.
Bagi adonan sesuai warna yang diinginkan.
Bentuk bulat kecil-kecil dan diberi isian gula kelapa
Rebus air dan tambahkan daun pandan,masukkan adonan klepon tunggu hingga mengapung.
Gulingkan ke kelapa parut muda.

Mochi isi kacang
Bahan-bahan :
250 gram tepung ketan rosebrand 
2 sachet susu kental manis putih 
3 Sdm mentega 
gula pasir 
150 gram kacang tanah 
Langkah :
Masukan tepung ketan, susu kental manis, 6 sdm gula dan mentega yang di cairkan
Tambahkan air sedikit demi sedikit jangan sampai adonan terlalu kental nanti jadinya keras
Siapkan kukusan, masukan adonan kecetakan yang lebar jangan terlalu banyak. Tipis tipis aja biar cepat matangnya
Selagi nunggu tempat kukusnya panas. Ambil beberapa sendok tepung ketan lalu sangrai "jangan terlalu banyak karna tepung ini hanya untuk taburan
Untuk isian Sangrai juga kacang tanahnya, setelah disangrai lalu haluskan setelah halus masukan kira kira 4 sdm gula pasir beri sedikit 3 sdm air panas lalu aduk sampai rata
Masukan adonan ke alat pengukus kira2 5 menit sampai adonan padat
Dinginkan sebentar lalu ambil sdikit adonan beri isian lalu bulatkan. Setelah itu masukan kedalam tepung yang sudah disangrai
Jika mochi sudah bnyak yang masuk ketepung, ambil dan taruh kesaringan lalu goyang goyang sampai tepung tidak trlalu bnyak yang menempel
Setelah itu, mochi siap dihidangkan

Ketan Srikaya Pandan
Bahan-bahan

Lapisan Atas: 
250 gr ketan, rendam 3 jam 
200 ml santan 
1/4 sdt garam 
4 lbr daun pandan, sobek2 

Lapisan bawah: 
600 ml santan (aslinya 375ml) 
5 lbr daun pandan 
60 gr tepung terigu (aslinya 50gr) 
2,5 sdm maizena (aslinya 2sdm) 
200 gr gula pasir 
3 butir telur, kocok lepas 

Langkah :
LAPISAN ATAS: tiriskan ketan lalu kukus dgn daun pandan selama15 menit. Angkat, campur dgn santan dan garam. Aduk hg santan meresap ke dlm ketan, masukan ke dlm loyang bulat 20cm/ persegi 18x18cm yg sdh di olesi minyak goreng & dialasi plastik, tekan2 ketan hg padat (dgn tangan yg dilapisi plastik), sisihkan.
Lapisan bawah: blender daun pandan dan santan lalu peras airnya, campur dgn tepung, gula, telur dan garam aduk rata dan saring. Tuang ke wajan, lalu masak sebentar dgn api kecil sampai kental saja (tdk usah mendidih) angkat, lalu tuang ke atas adonan ketan. Kukus lg selama 45 menit.
Setelah matang angkat, dinginkan hg benar2 dingin, potong2 (agar potongan lebih rapi, gunakan pisau yg sdh di celupkan ke air). Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar